“Bersyukur dan Memuji Allah Perjanjian”
From July 7th, 2020

Baiklah, kita lanjutkan pelajaran kita pada hari ini yang berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh Tuhan di dalam kehidupan manusia di dunia, dan kaitannya dengan perjanjian-perjanjian yang ada di dalam Kitab Perjanjian Lama. Memang di dalam Kitab Perjanjian Baru juga ada perjanjian, tetapi karena pelajaran kita berkaitan dengan Perjanjian Lama maka kita akan membahas lebih banyak pada Perjanjian Lama.

Ketika kita mendengar frasa Perjanjian Lama mungkin ada di antara kita yang berpikir yang manakah perjanjian yang dimaksudkan? Sebenarnya di dalam Kitab-kitab Perjanjian Lama, Allah mengadakan perjanjian-perjanjian di dalam banyak periode atau masa, bagi bangsa Ibrani atau Israel. Bahkan sebelumnya yaitu pada waktu Tuhan menciptakan manusia, Tuhan mengadakan perjanjian bagi manusia yaitu agar mereka bertambah banyak dan memenuhi bumi; agar mereka mengelola seluruh isi bumi ini; seluruh yang diciptakan oleh Tuhan; dan agar mereka bisa menjadi representatif dari Tuhan karena mereka diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Allah. Mereka berbeda dengan hewan ataupun juga tumbuh-tumbuhan; karena itu, Tuhan mengadakan perjanjian dengan mereka.

Setelah perjanjian dengan Adam dan Hawa, kita akan menemukan banyak perjanjian lagi yang diadakan oleh Tuhan dengan umat-Nya. Nanti di dalam kitab Perjanjian Lama, setelah kisah Adam dan Hawa, kita juga akan menemukan bahwa Allah mengadakan perjanjian dengan Nuh. Salah satu tanda dari perjanjian itu adalah pelangi di atas langit yang menunjukkan bahwa Allah tidak akan mendatangkan air bah lagi.

Kemudian ada perjanjian-perjanjian lagi yang bisa kita lihat dalam kitab-kitab Perjanjian Lama yaitu perjanjian dengan Abraham, perjanjian dengan Yakub, perjanjian dengan bangsa Israel, yang dikenal dengan perjanjian Musa atau perjanjian Sinai; kemudian kita juga akan menemukan perjanjian dengan Samuel; perjanjian dengan Daud, Salomo, dan seterusnya, sampai kepada kitab Yeremia, kitab Yehezkiel, kita menemukan perjanjian-perjanjian Tuhan.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Tuhan sejak awal menunjukkan kualitas karakter atau atribut bahwa Dia adalah Allah yang maha mengasihi. Dia adalah Allah yang berinisiatif, karena Dia tahu bahwa tanpa inisiatif-Nya maka mustahil bagi kita, manusia yang telah jatuh ke dalam dosa ini, lebih lagi, untuk mengenal Dia dan mempunyai relasi yang dekat dengan Dia. Mustahil bagi kita untuk mendapatkan keselamatan tanpa inisiatif Allah kepada kita. Karena itu, Allah, Tuhan kita, sangat mengerti betapa kita membutuhkan inisiatif Allah untuk menyatakan diri-Nya kepada kita. Tanpa itu maka kita tidak akan dapat mengenal Dia dengan baik dan dengan benar. Kita akan terjebak dan tersesat di dalam pemikiran kita sendiri tentang Tuhan. Kita akan mempunyai kepercayaan-kepercayaan atau keyakinan yang mungkin sangat berbeda dengan kebenaran Tuhan.

Kita bisa melihat kesimpulan mengenai inisiatif Allah ini dengan cara membandingkannya dengan kitab Ibrani 1:1-3, bahwa Allah berulangkali menyatakan diri-Nya melalui para nabi kepada nenek moyang bangsa Israel, dan itu dilakukan secara kontinu, progresif, konsisten, dan secara kreatif, Allah menyatakan diri-Nya. Jadi antara perjanjian dan penyataan Allah ini memang berkaitan. Allah menyatakan diri-Nya dan mengadakan perjanjian dengan umat-Nya, maka kita boleh semakin mengenal Dia, dan kita juga boleh membangun relasi dengan Dia.

Jadi salah satu implikasi atau alasan untuk kita memahami ini adalah agar kita boleh bersyukur dan memuji Tuhan, bahwa Dia adalah Allah yang baik, Allah yang maha mengasihi, dan Allah yang berinisiatif. Jadi satu hal yang penting untuk kita ingat adalah bahwa Allah itu adalah Allah yang berinisiatif, karena itu patutlah bagi kita untuk bersyukur dan memuji Dia.

Dapatkan materi-materi Dasar-dasar Perjanjian Lama dengan lebih lengkap di Seminari Alkitab Media Sabda Biblika. Untuk registrasi atau berlangganan, silahkan klik Formulir Registrasi Online. Tuhan memberkati.

WRITTEN BY: webadmin

No comments yet.

Leave a reply

Reset all fields