“Mengapa Kristen dan Bukan Humanisme?”
From July 3rd, 2020

Pierre: Yang menjadi pertanyaan saya adalah, mana yang lebih penting antara mengasihi Tuhan dan mengasihi manusia? Apakah saya harus mengasihi Tuhan dan tidak terlalu peduli dengan manusia, atau mengasihi manusia tanpa mengasihi Tuhan? Atau, mengasihi Tuhan tetapi tidak terlalu mengasihi Dia? Sebagai perbandingan, kalau kita melihat humanisme saat ini, banyak orang-orang yang tidak mengenal Tuhan punya kasih yang luar biasa, artinya, mereka memberi, mengirimkan uang ke negara-negara yang membutuhkan. Bagaimana kita bisa menjelaskan hal ini?

Naek: Ini pertanyaan yang bagus. Jawabannya, seperti yang saya sampaikan di dalam berbagai pertemuan ketika menjelaskan mengenai moralitas dan etika Kristen, bahwa moralitas dan etika Kristen selalu berkaitan dengan relasi dengan Allah. Mengapa kita memiliki moralitas dan etika yang sedemikian baik, itu adalah karena adanya relasi dengan Allah.

Artinya, di satu sisi, kita memahami bahwa moralitas dan etika Kristen itu berasal dari relasi dengan Tuhan; di sisi lain ada terdapat manfaat yaitu bahwa ketika kita melakukan kebaikan-kebaikan atau perbuatan-perbuatan baik dan lain sebagainya, kita memuliakan Tuhan; dan bukan memuliakan diri sendiri.

Kemudian ketika ada tantangan-tantangan yang besar, karena pada level tertentu banyak orang mampu, tetapi nantinya akan ada level-level yang lebih tinggi yang membutuhkan kebergantungan kita kepada Tuhan. Ini saya cermati dari perspektif Alkitab dan Kristiani.

Jadi, bagaimana kita mengasihi sesama, dan bagaimana moralitas dan etika kita, sekali lagi, sangat berkaitan sekali dengan relasi kita dengan Allah. Terlebih ketika kita telah memahami bahwa kita telah ditebus oleh Kristus.

Sebagaimana dikatakan oleh rasul Yohanes di dalam suratnya, dia mengatakan bahwa kita mengasihi Tuhan karena kita telah terlebih dahulu dikasihi oleh Dia. Sehingga, kasih tersebut menjadi motivasi di dalam melakukan tindakan-tindakan kasih. Hal tersebut menjadi motivasi dari umat Kristiani untuk melakukan kasih.

Tidak ada motivasi-motivasi yang lain, yang ultimate, yang benar-benar utama selain daripada kasih Tuhan kepada kita.

Ini sangat esensial sekali bagi kita umat Kristiani. Kita mengasihi sesama karena kita mempunyai relasi dengan Allah, dan kita benar-benar mengalami dan merasakan betapa Tuhan telah begitu mengasihi kita, sehingga dengan demikian, kita pun semakin dimampukan dan dikuatkan.

Ikuti diskusi kami selengkapnya di Program Enrichment – Seminari Alkitab Media Sabda Biblika. Untuk registrasi, silahkan klik dan isi Formulir Registrasi Online. Tuhan memberkati.

WRITTEN BY: webadmin

No comments yet.

Leave a reply

Reset all fields